Tuesday, December 27, 2011

refleksi gudang data

GUDANG DATA. Awalnya bener2 penuh pertanyaan, seperti ketika mengikuti mata kuliah lain yang beru pertama kali mengikuti. “gek kon ngapa ya?”. Yang penting ikuti dulu prosesnya, nanti kan juga tahu ini tu ngapain.
Kettle. Uwaaaa, susah2 gampang, xixixi... hmm, untung temen2 banyak yang mau berbagi pengetahuan, dan aku banyak belajar dari mereka. Ga boleh panik, itu kunci terpentingnya. Kalo udah panik duluan, beuh, ga akan ada yang bisa dikerjakan. Apalagi waktu instal pertama kalinya. Disini kita membahas tentang bagaimana mencari dimensi, ada banyak macam dimensi, tergantung sama kasusnya. Kalo secara pribadi sih, aku males sama yang namanya kettle (*jujur).
Workbench. Setelah mengerjakan Kettle, berlanjutlah ke Workbench. Aku suka langsung mengerjakan ke Workbench, kayak waktu usip II kemaren, puji Tuhan bgt kagak disuruh dari Kettle, walaupun aku ga tau hasil usipnya, tapi aku yakin bisa ngerjain. Ini pengalamanku, waktu itu aku ga bisa ikut kuliah waktu instal workbench, hedeh, kesalahan yang amat sangat fatal (*lebay), tapi itu kenyataan, soalnya ribet bgt instalnya, pake appache-thomcat-lah, mondrian-lah. “gek opo neh kui?”. Untung waktu itu aku dibantuin sama Carla, Widya sama Lie, hufh (*ngelus dada).
Pokoknya penuh tantangan ketika kuliah gudang data ini. Puji Tuhan, dosennya sip bgt, bener2 ngajarin dari awal. Di perkuliahan ini, kami bekerja dalam kelompok, ketika ujian sisipan dan ujian akhir semester. Kami mengerjakan beberapa kasus dan berkat temen2 yang solid, ujian kami pun semuanya terlewati dengan baik.
Makasih Tuhan, aku boleh melewati prosesku mengikuti kuliah gudang data dengan segala kekhawatiranku yang ga mutu. Dan pastinya untuk dosenku, Bu Rido, makasih sudah dengan bersabar ngajarin kami perlangkah. Makasih temen2 kelompokku; Nenek, Icus, Ullay ma Windy.

1 comment: